Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Kota Batu memang memiliki suhu yang dingin, saat malam bisa mencapai kurang lebih 15-18 derajat. Karena itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memiliki impian agar kota wisata itu bisa punya udara tersehat di Indonesia.

“Kota Batu punya suhu yang dingin, karena itu saya ingin di udara tersehat se Indonesia ada di Kota Batu. Itu impian kami,” kata Dewanti. 

Untuk terciptanya udara yang sehat itu, sudah dibantu dan dimulai oleh tim dari Sapu Bersih Nyemplung Kali (Saber Pungli). Yang kehadirannya setiap minggu ada di beberapa kali di Kota Batu selama dua tahun terakhir. 

“Saber Pungli 2 tahun mengkoordinir dan memotivasi masyarakat setiap Minggu tanpa jeda dari hulu sampai diujung Kota Batu,” imbuhnya.

Kemudian juga dengan memanfaatkan sampah popok yang masih banyak di sungai setiap kali aksi Saber Pungli di sungai Kota Batu. Popol ini dimanfaatkan menjadi pot bunga yang cantik.

Bahkan pot popok itu iuga sudah menarik perhatian dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dibeli dan di letakkan di Grahadi Surabaya. “Padahal kami sudha menyiapkan tempat sampah khusus popok tapi ya masih ada nemu di sungai,” jelas istri Eddy Rumpoko ini. 

“Setiap Minggu popok masih banyak ditemukan, semoga ke depan tidak ada lagi. Kalau bisa ada fatwa bahwa buang pempers dosanya tidak terampuni,” candanya. 

Ke depan, dengan hadirnya pot dari popok itu diharpkan bisa  menghiasai kota Batu. Agar sudut Kota Batu terlihat indah, dan segar dengan bunga-bunga yang diletakkan di pot tersebut.