Penampakan Coban Sadang Alas Pujon, ibarat gadis cantik berambut panjang. (Foto: MalangTIMES)
Penampakan Coban Sadang Alas Pujon, ibarat gadis cantik berambut panjang. (Foto: MalangTIMES)

Menikmati air terjun indah sambil nongkrong di kafe lalu foto-foto di tengah bunga warna-warni dan spot-spot instagramable sepertinya akan sangat menyenangkan. Pengalaman semacam itu bisa kita dapatkan hanya di Coban Sadang Alas Pujon. Coban Sadang Alas Pujon merupakan tempat wisata baru yang lokasinya di Pujon, Kabupaten Malang yang akan segera di-launching.

Di sana, Anda akan disambut oleh keasrian yang masih terjaga dan hawanya yang sejuk. Memasuki area tempat wisata Coban Sadang Alas Pujon bisa kita lihat bunga-bunga warna-warni membentang indah. Bunga-bunga itu ada berbagai macam, mulai dari bunga Celosia dan bunga Matahari. Lalu ada Gomphrena, Kumis Kucing, Kenikir, dan Lokal Krisan. 

Ada juga Marigold orange yang biasa digunakan untuk sembahyang umat Hindu. Di areal bunga-bunga ini juga akan disediakan tempat yang bisa dipijak untuk foto. Jadi, kita tetap bisa selfies di antara bunga-bunga dan bunga-bunga itu tidak akan rusak.

"Berikutnya saya mau introduce bunga Begonia," timpal Agung Subroto, salah satu owner tempat wisata ini.

Selain bunga-bunga, di sana juga terdapat banyak pohon langka. Yang menjadi ikon adalah pohon Pulai. Pohon ini di luar negeri disebut sebagai Indian Devil Tree. Selain pohon angker itu, pohon lain di sana yakni seperti pohon Alpukat, Durian, Kluwih, Sukun, dan lain-lain.

Baca Juga : Rencana Pemekaran, Pokja Pemekaran Desa Tulungrejo Sepakati Nama Ini

 

"Di sini hutan lindung, taman nasional. Maka dari itu tidak akan kita rusak. Malah kita pelihara," timpal Agung.

Selain bunga-bunga, di sana Anda juga akan menemukan spot foto instagramable lainnya. Namun, yang paling ikonik adalah air terjun itu sendiri, yakni Coban Sadang. Untuk menuju ke lokasi coban, akses yang diberikan sangat mudah. Tidak perlu susah payah tahu-tahu kita sudah di atas saja. Jaraknya barangkali hanya 600 meter saja dari pintu masuk.

Ibarat gadis cantik berambut panjang, begitulah gambaran dari air terjun Sadang ini. Tinggi air terjun itu sekitar 70-80 meter. Inilah spot foto yang paling eksotis. Di sini, nanti juga akan disediakan tempat khusus yang teduh untuk menikmati air terjun. Selain itu, spot-spot di sekitar air terjun ini juga bisa loh untuk foto pre-wedding.

Apabila Anda ingin nongkrong sambil menyesap kopi atau teh atau minuman lain dan berbagai kudapan nantinya, di atas sungai juga akan ada kafe dengan view air terjun ini. Namanya Kafe Pohon. Menarik bukan?

"Akan kita dirikan sebuah kafe yang menjulang di atas sungai, dan di situ akan nikmat sekali untuk menikmati kopi dan segala macamnya sambil swafoto," ucap Ghufron Marzuki, salah satu owner tempat wisata ini.

Nah, apabila Anda sudah lelah sekali mau berjalan lagi atau malas, tenang saja! Nantinya di sana juga akan ada flying fox. Sehingga, untuk kembali turun ke bawah cukup dengan menaiki flying fox ini.

Perlu diketahui, di kawasan tempat wisata Coban Sadang Alas Pujon ini juga ada tempat penginapan cottage-cottage atau pondok-pondok dengan fasilitas modern bak apartemen. Namun, di sekelilingnya adalah kebun-kebun untuk belajar bercocok tanam sayur. Jadi, memang sangat family friendly. Bisa untuk mengedukasi keluarga. Terlebih lagi, di tempat wisata ini juga tersedia playground.

Baca Juga : Antisipasi Klaster Wisata, Disparbud Intensifkan Koordinasi dan Siapkan Sanksi Tegas

 

"Di Coban Sadang ini akan kami siapkan cottage-cottage yang bisa untuk bermalam bersama keluarga yang bentuknya kita sesuaikan dengan alam. Insya Allah menyatu dengan alam. Semua wahana di Coban Sadang ini memang kita connect dengan kondisi alam yang ada (tidak diubah dan merusak alam itu sendiri)," bebernya.

Ghufron menyampaikan, pengunjung juga dapat belajar praktik menanam dan merawat bunga. Ada green house untuk mengedukasi pengunjung terkait dengan menanam bunga. Memang, bunga-bunga di sana ditanam langsung, tidak mengambil dari luar.

"Semua tanaman bunga yang di sini kami kembangkan sendiri di green house kami," imbuhnya.

Sebagai tambahan, di sana nanti selain ada kafe juga akan ada resto dengan makanan-makanan yang dijamin endeuz.

Soal tarif masuknya sangat murah. Yakni hanya Rp10 ribu saja. Maka dari itu Wisata murah meriah, berkualitas, dan edukatif ini cocok untuk semua kalangan. Selain itu, wisata di sini dijamin aman karena di masa new normal akan menerapkan protokol kesehatan dengan taat.

"Mari kunjungi Coban Sadang. Tapi jangan lupa ini masih pandemi. Coban Sadang akan menerapkan protokol kesehatan mulai dari depan pintu masuk akan kita periksa suhu tubuh dengan thermo gun, pakai masker, dan cuci tangan baru boleh masuk. Di dalam juga ada fasilitas-fasilitas lain yang berkaitan dengan protokol kesehatan supaya rekreasi kita jadi sehat dan bermanfaat," tandas Ghufron.

Untuk mengetahui ulasan selanjutnya mengenai Coban Sadang Alas Pujon, tetap pantau media ini ya! 

<