Donald Trump (Foto:   Al Jazeera)
Donald Trump (Foto: Al Jazeera)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali sukses mencuri perhatian publik. Pasalnya, Sabtu (11/7/2020) Donald Trump pertama kali tampil mengenakan masker di depan umum.  

Saat itu, Donald Trump hendak mengunjungi Walter Reed National Military Center. Ia tampil dengan setelan jas seperti biasa. Namun, yang membuat berbeda Trump tampil dengan menutup bagian hidung dan mulutnya dengan masker berwarna hitam.  

Baca Juga : Kabar Duka! Putra Ketiga Mbah Moen, Gus Kamil Meninggal Dunia Status PDP Covid-19

Sayangnya, bukan mendapat pujian, penampilan Trump mengenakan masker malah berujung kritikan oleh banyak orang. Termasuk kritikan dari mantan wakil presiden AS, Joe Biden.  

Dilansir melalui people, Trump dianggap terlalu lama sampai akhirnya mau mengikuti protokol kesehatan. Padahal, di tengah pandemi Covid-19 saat ini protokol kesehatan sudah direkomendasikan ahli kesehatan sejak empat bulan lalu.  

"Donald Trump berbulan-bulan mengabaikan nasihat para ahli medis dan mempolitisasi pemakaian masker, salah satu hal terpenting yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus," kata juru bicara Joe Biden, Andrew Bates.

Andrew lantas melanjutkan alih-alih Trump bertanggungjawab dan memimpin, ia justru dianggap membuang-buang waktu.  

"Dia (Trump) justru membuang-buang waktu empat bulan dan membuat orang Amerika berkorban dengan memicu perpecahan dan secara aktif membuat orang enggan melakukan hal paling mendasar untuk melindungi satu sama lain," lanjut Andrew.

Baca Juga : Wali Kota Batu Ungkap Kegeraman saat Temui Warga dan Wisatawan Tak Gunakan Masker

Diketahui, di hari itu Trump mengaku akan menjenguk para prajurit yang tengah dirawat.  

"Menurut saya ketika berada di rumah sakit, terutama dalam situasi tertentu, di mana kamu berbincang dengan banyak prajurit dan orang-orang yang pada beberapa kasus, baru saja selesai operasi, ya pakai masker," ujar Trump.

Trump lantas mengatakan jika dirinya tak pernah mendorong masyarakat untuk tidak menggunakan masker.