Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang, M Noor Muhlas. (Foto: Perumda Tugu Tirta Kota Malang).
Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang, M Noor Muhlas. (Foto: Perumda Tugu Tirta Kota Malang).

Kini masyarakat Kota Malang yang memakai layanan air dari Perumda Tugu Tirta Kota Malang tak perlu repot. Sebab, layanan E-struk dan E-invoice siap untuk memanjakan para pelanggan.

Inovasi ini hadir untuk mempermudah pelanggan dalam mengakses layanan pembayaran tagihan air. Sehingga cukup dengan di rumah saja maka pembayaran tagihan bisa dilakukan.

Baca Juga : Anggaran Covid-19 Fantastis, Dewan Soroti 3 Instansi Terkait 

 

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang, M. Nor Muhlas mengatakan inovasi pembayaran digital ini telah dirilis sejak Juni 2020 lalu ini terus digencarkan untuk bisa dimanfaatkan oleh pelanggan.

Mengusung jargon Senyum Pelanggan Senyumku Juga di Hari Pelanggan Nasional ini, masyarakat bisa mengakses layanan pembayaran digital dengan mudah. Karena, Perumda Tugu Tirta Kota Malang telah bekerja sama dengan berbagai platform pembayaran online. Seperti, Bukalapak, Tokopedia, LinkAja!, Gojek, Bebas Bayar, dan yang lainnya.

"Selain paperless atau mengurangi penggunaan kertas, program ini kami hadirkan guna mengurangi antrean pembayaran rekening air minum bagi pelanggan dengan mudah dan cepat. Serta ikut berperan aktif mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan Slstay at home dan social distancing sesuai anjuran pemerintah," ungkapnya.

Sebagai informasi E-Struk merupakan bukti pembayaran rekening air dan non air tanpa cetak yang dikirimkan melalui media e-mail kepada pelanggan.

Sedangkan E-Invoice atau disebut juga tagihan rekening air yang dikirimkan setiap awal bulan melalui email pelanggan yang terdaftar.

Muhlas menambahkan, nantinya setiap pelanggan yang telah terdaftar akan mendapatkan notifikasi kode pembayaran dan besaran tagihan melalui email masing-masing. 

"Harapannya, pelanggan sudah tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor PDAM untuk pembayaran dan sebagainya. Tinggal daftar di sini, invoice kami kirimkan melalui email, silahkan melakukan pembayaran nanti akan dikirim struknya," imbuhnya.

Baca Juga : Terkait Denda Pelanggan Protokol Kesehatan, Begini Penjelasan Wali Kota Malang 

 

Di samping memanjakan pelanggan dengan berbagai inovasi, khusus di Hari Pelanggan Nasional kali ini Perumda Tugu Tirta Kota Malang membagikan tumbler.

Tumbler tersebut bisa didapatkan jika pelanggan melakukan pembayaran langsung di loket kantor Perumda Tugu Tirta Kota Malang di kawasan Sawojajar.

"Senyum Pelanggan Senyumku Juga, di hari pelanggan nasional ini kami memberikan Tumbler kepada pelanggan yang membayar rekening air di loket Sawojajar. Di samping itu kami juga akan memberikan tips-tips pemanfaatan air dengan efisien sehingga turut serta dalam pelestarian lingkungan yaitu dengan menghemat air," tandasnya.