Seorang pemotor saat melintas di jalan tol Jombang. (Istimewa)
Seorang pemotor saat melintas di jalan tol Jombang. (Istimewa)

Seorang pemotor nekat melintas di jalur tol Jombang-Mojokerto (Jomo). Aksi yang tergolong nekat itu, diakui pemotor karena ingin cepat sampai di rumahnya.

Pengendara sepeda motor yang nekat melintas jalan tol ini adalah M Hani Palupi (27), warga Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Jombang. Ia melintasi jalan tol dengan mengendarai sepeda motor Honda Scoopy bernopol S 4616 OV, Senin (14/9/2020). Pemotor ini melaju dari arah timur ke barat atau dari Surabaya menuju Jombang.

 

Baca Juga : Kapolresta Banyuwangi Ditawari Ikut Syuting Film Yowis Ben 3

Manajer Operasi PT Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, Udhi Dwi Saputro mengatakan, Hani masuk ke jalur tol melalui rest area 726 B tol Surabaya - Mojokerto (Sumo) pada pukul 09.10 WIB. 

Mendapatkan informasi adanya kendaraan sepeda motor masuk tol, petugas di lokasi langsung melakukan pengejaran.

Hingga akhirnya, laju motor Hani bisa dihentikan di Kilo Meter (KM) 697 B, area Tol  Jombang - Mojokerto. Tepatnya di Desa Kedung Melati, Kecamatan Kesamben, Jombang.

"Pengendara itu masuk tol sekitar pukul 09.10 WIB, ngakunya melalui rest area yang kebetulan di situ ada jalan warga yang terbuka yang biasanya dipakai untuk para pekerja. Yang bersangkutan baru kita hentikan pada pukul 09.22 WIB," ujarnya saat diwawancarai di gerbang tol Jombang.

Aksi nekat Hani itu, berujung sanksi tilang oleh Satuan Patroli Jalan Tol (Sat PJR) Polda Jatim. Setelah dilakukan penilangan, Hani kemudian digiring untuk keluar tol melalui gerbang tol Tembelang, Jombang.

Baca Juga : 44 Tenaga Medis di Lumajang Positiv Covid-19, Dua Rumah Sakit Batasi Layanan

Dari keterangan yang diperoleh, pelaku nekat masuk tol karena ingin cepat sampai ke Jombang. Untuk itu, ia mengikuti petunjuk dari google map dan masuk ke jalur tol.

"Saat di interogasi, pengendara mengaku tersesat setelah mengikuti panduan jalan melalui google Maps di Handphonenya," ujarnya.

Udhi menduga, Hani masuk ke jalur tol melalui jalan terbuka di sekitar rest area 726 B tol Surabaya - Mojokerto (Sumo). Jalan tersebut biasa digunakan untuk jalur pekerja. "Ngakunya melalui rest area yang kebetulan di situ ada jalan warga yang terbuka yang biasanya dipakai untuk para pekerja," pungkasnya.