PPKM Level 1, Pemkab Lamongan Bersiap Buka Objek Wisata dan Fasilitas Umum | Lamongan TIMES

PPKM Level 1, Pemkab Lamongan Bersiap Buka Objek Wisata dan Fasilitas Umum

Sep 08, 2021 11:34
Petugas sedang melakukan penyemprotan desinfektan di Maharani Zoo dan Goa Paciran (foto: Humas Maharani Zoo dan Goa for JatimTIMES)
Petugas sedang melakukan penyemprotan desinfektan di Maharani Zoo dan Goa Paciran (foto: Humas Maharani Zoo dan Goa for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Melalui evaluasi dan assesment yang dilakukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Pemerintah Kabupaten Lamongan berhasil menurunkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level 3 ke level 1. 

Turunnya level PPKM itu membuka angin segar bagi pengelola wisata dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pasalnya, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021 tentang PPKM menyebutkan bahwa pembukaan wisata boleh dilakukan di daerah minimal level 2. 

Baca Juga : Sejumlah Daftar Hitam PBB Jadi Pejabat di Pemerintahan Baru Taliban

Pada Inmendagri 39 bagian ke enam point (j) disebutkan, fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 25 persen. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat dan wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. 

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, bersyukur atas keberhasilan menurunkan level PPKM dari level 3 ke level 1. Dia mengungkapkan, semua itu bisa tercapai berkat kerja bersama antara Pemkab, TNI, Polri, Forkopimda dan seluruh masyarakat Kabupaten Lamongan. 

"Penurunan level ini sebagai bukti bahwa masyarakat Kabupaten Lamongan sangat disiplin melaksanakan protokol kesehatan dan sadar akan pentingnya mengikuti vaksinasi," ungkap pria yang akrab disapa Yes ini. 

Pria yang akrab disapa Bupati Yes itu meminta, agar penurunan level ini tidak disikapi dengan euforia secara berlebihan. Tetapi masyarakat harus tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan mengikuti vaksinasi. Terkait pembukaan tempat wisata, Pemkab Lamongan segera melakukan pembahasan.

"Tempat wisata akan segera kami buka, ini sedang kita persiapkan teknisnya. Tentu nanti prokes harus ketat dan wajib menggunakan perangkat peduli lindungi," terangnya.

Baca Juga : Kabar Gembira, Program Perlindungan Sosial untuk PKL dan UMKM Segera Cair

Pembukaan objek wisata sudah ditunggu sejak lama oleh pengelola wisata di Lamongan. Salah satunya diungkapkan, Marketing Coordinator Maharani Zoo dan Goa (Mazoogo), Juli Tri Wahyuningtiyas. 

Dia mengungkapkan, pihak manajemen wisata kebun binatang dan goa di Paciran Lamongan, sangat senang. Karena akan dibuka kembali wisata untuk umum. Dari situ, pengelola bisa mendapatkan pemasukan kembali, setelah sekian lama tutup, dampak kebijakan PPKM.

"Kami sudah sangat siap. Kami juga sudah mendapatkan sertifikat CHSE (CleanlinessHealth Safety & Environment Sustainability, red) dan sedang proses mendapatkan QR kode peduliLindungi sebagai syarat pembukaan wisata. Untuk persiapan di wahana, kami sudah sesuaikan dengan SOP peduli Covid-19, jadi dari awal, sudah ada tempat cuci tangan, penyemprotan desinfektan, pengaturan antrian pengunjung, dan sebelum masuk wajib cek suhu tubuh," tegasnya.

Topik
pembukaan wisata Objek Wisata lamongan ppkm level 1 Kabupaten Lamongan

Berita Lainnya