Penyaluran Pupuk Subsidi Tersendat, Ini Kata DKPPP Tuban | Lamongan TIMES

Penyaluran Pupuk Subsidi Tersendat, Ini Kata DKPPP Tuban

Jan 14, 2022 15:14
Ilustrasi Pupuk subsidi (14/01/2022) (Foto ptppi. co.id/Jatim TIMES)
Ilustrasi Pupuk subsidi (14/01/2022) (Foto ptppi. co.id/Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Alokasi dan pendistribusian pupuk subsidi hingga pertengahan Januari 2022 masih tersendat. Hal ini membuat kios atau agen mengalami kekosongan barang.

Selain itu, kesulitan juga dialami petani untuk mendapatkan pupuk subsidi. Padahal kondisi umur tanaman padi sudah memasuki 20-25 hari untuk dilakukan pemupukan kembali. 

Baca Juga : Tingkatkan Pelayanan Customer, FIFGROUP Resmikan Gedung Baru Cabang Rungkut

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Tuban Eko Arif Julianto mengatakan, terkait penyaluran pupuk di Tuban pihaknya telah mengeluarkan rekomendasi untuk alokasi dan penyaluran pupuk subsidi. Rekom ini sebagai dasar distributor menyalurkan barang ke kios resmi di masing-masing desa. 

"Kadin sudah mengeluarkan rekom. Khusus bulan Januari 2022 memakai dasar alokasi bulan Januari tahun 2021," ujarnya. 

Dia menambahkan rekomendasi tersebut sesuai arahan Dinas Provinsi Jatim, sembari menunggu SK Bupati 2022 Tentang Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian Kabupaten Tuban 2022.

"Beberapa distributor sudah mulai memesan ke PI (Pupuk Indonesia) dan akan segera di distribusikan ke kios resmi," imbuhnya. 

Namun demikan, soal kapan segera terdistribusikan, pihak DKPP belum bisa memastikan estimasi penyalurannya ke distributor, agen atau kios sampai desa. 

Baca Juga : FIFGROUP Resmikan Gedung Baru Optimalkan Pelayanan Untuk Custumer Cabang Banyuwangi

Sebelumnya, Ketua Lembaga Pengembang Pertanian Nahdlatul Ulama (LP2NU) Tuban Muhson menilai keterlambatan penyaluran pupuk subsidi di kecamatan selain belum adanya payung hukum sebagai pijakan dasar mekanisme alokasi dan penyaluran. Padahal, sekarang dimasa tanaman padi usia 20-25 hari bagi para petani untuk memupuk. Hal ini akan berimbas kepada pertumbuhan dan perkembangan tanam tanaman. 

"Kalau SK Bupati Tuban  tidak keluar, serta alokasi pupuk minggu ini belum turun. Dikhawatirkan tanaman padi milik petani dapat terganggu pertumbuhannya. Pada akhirnya juga kurang maksimal panennya nanti," tandasnya.

Topik
pupuk subsidi pupuk subsidi macet dkppp tuban

Berita Lainnya