Tempat Makan Murah dan Enak di Gili Trawangan, Wajib Dicoba Nih | Lamongan TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg
JatimTIMES Seru-seruan di MotoGP Mandalika

Tempat Makan Murah dan Enak di Gili Trawangan, Wajib Dicoba Nih

Mar 19, 2022 18:37
Ayam taliwang khas Lombok disuguhkan dengan sayur daun singkong yang cukup menggoda untuk dicoba saat ke Gili Trawangan. (Foto: Imarotul Izzah/JatimTIMES).
Ayam taliwang khas Lombok disuguhkan dengan sayur daun singkong yang cukup menggoda untuk dicoba saat ke Gili Trawangan. (Foto: Imarotul Izzah/JatimTIMES).

JATIMTIMES - Masih tentang seru-seruan di Gili Trawangan. Kali ini, tim JatimTIMES Seru-seruan di MotoGP Mandalika bersama Kirana Tour and Travel dan Pergiramerame bakal mengupas  kulineran enak dan murah yang ada di pulau cantik di Lombok tersebut.

Ya mau bagaimana lagi, setiap kali melancong, hal utama yang sangat tidak boleh ditinggal adalah menikmati kuliner khas daerah yang kita tuju. Dalam kesempatan kali ini, kami berhasil menemukan salah satu kuliner legendaris di Gili Trawangan yang memang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Baca Juga : Bangkitkan Destinasi Wisata Budaya, Disparta Kota Batu Gelar Padhang Bulan Tiap Bulan Purnama

Tampak dari depan warung Bu Dewi di Gili Trawangan. (Foto: Pipit Anggraeni/JatimTIMES).

Kedai makanan yang kami kunjungi saat ini terbilang sederhana. Namanya Warung Dewi, kedai yang menyuguhkan kuliner lokal khas Lombok dan rasanya sangat menggoyang lidah. Warung ini nampaknya juga menjadi jujugan banyak wisatawan saat menikmati waktu di Gili Trawangan.

Warung Bu Dewi ini sendiri terletak tak jauh dari Pelabuhan Gili Trawangan. Dari arah Pelabuhan Gili Trawangan, kami mengambil arah lurus. Tak jauh di situ, tepatnya ada di kiri jalan ada papan nama Dusun Gili Trawangan, Desa Gili Indah. Kami masuk ke dalam gang tersebut.

Tak jauh dari situ ada Balai Dusun Gili Trawangan yang ada di kanan jalan. Didekat balai dusun terdapat sebuah pasar yang ramai dengan penjual dan pembeli. Tepat di kawasan pasar rakyat itu lah, Warung Bu Dewi berada.

Memang lokasinya tak di pinggir jalan utama, di mana wisatawan banyak lalu lalang. Tapi meski begitu, pengunjung warung ini nampaknya tak pernah sepi. Saat kami datang pun, banyak pelanggan yang tengah makan dan antre untuk dilayani.

Kedai ini sangat khas. Di setiap sudut terdapat papan nama Warung Bu Dewi. Ada berbagai lukisan cantik dan papan nama menu. Makanan pun dijajar di sebuah etalase layaknya warung pada umumnya. 

Sementara sang pemilik warung dan penjaga warung pun tampak sibuk melayani tamunya. Bahkan juga masih memasak beberapa menu yang mulai habis.

Ayam Taliwang yang disuguhkan dengan bakwan jagung. (Foto: Imarotul Izzah/JatimTIMES).

Setelah mendapat giliran, kami pun akhirnya mulai memilih menu yang disuguhkan. Pilihan kami kemudian tertuju pada Ayam Taliwang. Olahan khas Lombok ini kami pilih karena memang cukup menggoda. 

Selain Ayam Taliwang, kami juga memilih beberapa olahan seperti bakwan jagung, sayur singkong, hingga kare tahu dan tempe. Begitu menyuap, rasanya nyummy banget dan bikin ketagihan.

Ayam Taliwang yang disuguhkan dengan kare tahu dan tempe. (Foto: Imarotul Izzah/JatimTIMES)

Ini merupakan pengalaman pertama kami memakan Ayam Taliwang khas Lombok. Bumbunya meresap hingga ke tulang ayam. Bumbu merahnya pun terasa asin dan manis yang pas, dan tak terlalu pedas.

Papan nama penunjuk lokasi warung Bu Dewi yang ada di area pasar Dusun Gili Trawangan. (Foto: Pipit Anggraeni/JatimTIMES).

Kami melahapnya hingga habis dan perut kami kembali kenyang. Tak lupa kami memesan es jeruk yang segar untuk menghilangkan dahaga. 

Baca Juga : Kunjungi Desa Wajak Kabupaten Malang, Menko PMK Soroti Kawasan Kumuh

Suasana Pasar Dusun Gili Trawangan. (Foto: Pipit Anggraeni/JatimTIMES).

Warung yang terletak di area pasar Dusun Gili Trawangan ini ternyata sudah ada sejak 1989. Pemilik warung, Bu Dewi menyebut jika ia membuka warung itu sejak masih gadis hingga akhirnya menikah dengan sang suami yang juga membantu menjaga warung.

"Dulu itu kami sudah buka saat kami masih kesulitan air tawar, sejak saya masih gadis dan sekarang anak-anak sudah sekolah di sini," ceritanya.

Olahan yang ia masak pun selalu banyak diminati oleh wisatawan. Sehingga, meskipun ada di dalam gang, wisatawan tak jarang yang datang untuk menikmati setiap makanan yang disuguhkan.

Makanan yang kami rekomendasikan kali ini adalah Ayam Taliwang. Makanan khas Lombok ini memiliki citarasa yang menggugah selera. Selain itu, harga perporsinya terbilang murah, Rp 30 ribu. Harga yang dipatok ini terbilang bersahabat dengan kantong dibanding dengan tempat makan lain. 

Gang menuju Warung Dewi di Dusun Gili Trawangan. (Foto: Pipit Anggraeni/JatimTIMES)

Jadi, yang sedang ingin menikmati olahan yang ramah di kantong bisa menikmati makanan khas Lombok di Warung Bu Dewi ini ya gengs.

Balai Dusun Gili Trawangan yang ada dekat dengan warung Bu Dewi. (Foto: Pipit Anggraeni/JatimTIMES).

Oh iya, selain Ayam Taliwang, makanan yang disuguhkan sangat beragam. Mulai dari nasi campur, nasi rawon, nasi lindung, plecing kangkung, nasi pecel, ayam taliwang, urap-urap, beberok, terong bakar, dan sayur bening.

Notes: Laporan ini ditulis Tim JatimTIMES Seru-seruan di MotoGP Mandalika bersama Kirana Tour and Travel dan Pergiramerame. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
motogp mandalika Kuliner Lombok

Berita Lainnya