Gratiskan Tempat Wisata Selama Lebaran, Bupati Jember Tidak Takut PAD Berkurang | Lamongan TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Gratiskan Tempat Wisata Selama Lebaran, Bupati Jember Tidak Takut PAD Berkurang

Apr 13, 2022 07:55
Pantai Pasir Putih Malikan atau yang dikenal denan nama Pantai Papuma (foto : ist / Jember TIMES)
Pantai Pasir Putih Malikan atau yang dikenal denan nama Pantai Papuma (foto : ist / Jember TIMES)

JATIMTIMES – Untuk menghidupkan kembali pariwisata di Jember setelah ‘tidur’ akibat dari pandemi Covid-19, Pemkab Jember berencana menggratiskan 2 lokasi wisata pantai yang selama ini menjadi unggulan, yakni Pantai Wisata Malikan Papuma Wuluhan dan Pantai Watu Ulo Ambulu Jember.

Bupati Jember H. Hendy Siswanto dalam sebuah kesempatan mengatakan, bahwa uji coba menggratiskan 2 tempat wisata yang selama ini menjadi favorit warga saat mengisi libur lebaran untuk menggerakkan perekonomian warga serta untuk melihat bagaimana masyarakat Jember bisa menjaga keasrian tempat wisata.

Baca Juga : Lebaran Kali Ini, Dishub Kabupaten Malang tidak Ada Program Mudik Gratis

“Memang selama lebaran nanti, kita akan mengujicobakan 2 tempat wisata Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma secara gratis. Hal ini untuk menggerakkan ekonomi warga serta melihat sejauh mana kepedulian masyarakat Jember terhadap tempat wisata kebanggaanya,” ujar Hendy Siswanto.

Ketika ditanya apakah dengan menggratiskan 2 tempat wisata yang selama ini menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Jember tidak mengurangi PAD (Pendapatan Asli Daerah)? Dengan tegas Hendy mengatakan, bahwa sumber PAD tidak hanya dari 2 tempat wisata tersebut tapi bisa dicarikan dari sumber lainnya.

“Tidak masalah tidak dapat PAD dari Watu Ulo dan Papuma, masih ada sumber PAD dari lainnya. Yang penting bagaimana orang bisa menikmati tempat wisata secara gratis dan juga perekonomian warga di sekitar tempat wisata meningkat,” jelasnya.

Selain menggratiskan 2 tempat wisata andalan, Hendy juga akan menempatkan relawan-relawan yang akan menjaga bibir pantai. Di mana, relawan ini akan bertugas mengawasi pengunjung agar tidak mandi di laut, serta memberikan edukasi kepada masyasrakat agar pengunjung bisa menjaga kebersihan pantai.

Tidak hanya itu, Pemkab Jember juga akan mendirikan posko kesehatan layanan vaksin kepada masyarakat yang sedang berwisata di 2 lokasi tersebut. “Nanti akan kami dirikan pos-pos kesehatan dan layanan vaksin di 2 lokasi tersebut. Selain itu juga akan ada bengkel-bengkel serta menempatkan relawan untuk menjaga pantai maupun untuk membantu mobil warga yang tidak kuat menanjak saat pulang maupun menuju pantai Papuma. Keselamatan harus diutamakan,” jelasnya.

Baca Juga : Resmi Di-Launching, DPRD Blitar Optimis RTH Kanigoro Bakal Geliatkan Ekonomi Daerah

Diketahui, menggratiskan 2 tempat wisata favorit di Kabupaten Jember ala Hendy  mengadopsi tempat wisata pantai di pulau Bali seperti di Kuta maupun Nusa Dua, di mana wisatawan tidak dipungut biaya masuk, namun perekonomian warga di sepanjang pantai di Bali bisa sejahtera.

“Kami ingin meniru Bali yang menggratiskan tempat wisatanya. Ini terbukti ampuh bisa memberikan kesejahteraan kepada warga sekitar, warga juga ikut peduli dengan menjaga kebersihannya. Mudah-mudahan bisa di terapkan di Jember,” pungkas Hendy (ADV).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pariwisata Jember Bupati Jember

Berita Lainnya