5 Pantai Favorit yang Wajib Dikunjungi saat ke Kabupaten Malang | Lamongan TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

5 Pantai Favorit yang Wajib Dikunjungi saat ke Kabupaten Malang

Apr 29, 2022 08:00
Jembatan Bajulmati, salah satu landmark di sepanjang JLS Malang Selatan.(Foto: Istimewa).
Jembatan Bajulmati, salah satu landmark di sepanjang JLS Malang Selatan.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang dikenal akan tempat wisatanya. Pasalnya, daerah dengan wilayah terluas kedua di Jawa Timur ini, memiliki kondisi geografis dan kondisi alam yang beragam. Mulai dari dataran rendah, perbukitan hingga dataran tingginya. 

Salah satu yang sudah tersohor di kalangan wisatawan adalah wisata pantainya. Terutama pantai-pantai yang membentang di sepanjang jalur lintas selatan (JLS). Berikut wisata pantai di Kabupaten Malang yang masih menjadi favorit wisatawan. 

1. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang.(Foto: Istimewa).


Pantai Balekambang adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudra Indonesia dan secara administratif masuk wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur dan merupakan salah satu wisata di Kabupaten Malang sejak 1985. 

Baca Juga : Kenalan dengan Seven Summitnya Indonesia

Salah satu yang terkenal di pantai ini adalah keberadaan sebuah Pura di salah satu tebing pantainya. Untuk menuju pura ini, wisatawan bisa melewati jembatan yang dibangun melintas di atas pantainya. Biasanya, wisatawan juga banyak yang berswafoto di jembatan ini. 

2. Pantai Sendang Biru 

Pantai Sendangbiru.(Foto: Istimewa).


Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer di bagian selatan Malang. Tepatnya, berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai ini dikenal cukup berbeda di kalangan wisatawan. 

Dimana selain keindahan panoramanya, wisatawan yang datang ke pantai ini, biasanya juga memanfaatkannya untuk berburu ikan segar. Sebab di pantai ini juga terdapat tempat pelelangan ikan (TPI), yang juga menjadi titik berkumpulnya sebagian nelayan di Malang Selatan. 

3. Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara.(Foto: Istimewa).


Pantai yang juga dikenal dengan Pantai Bangsong atau Pantai BTA ini ternyata juga cukup tersohor di kalangan wisatawan. Bahkan pantai ini juga mendapat julukan Raja Ampat Malang Selatan.

Sebenarnya ada tiga pantai yang ada di kawasan ini. Yakni Pantai Sumenggung, Pantai Bangsong dan Pantai Teluk Asmara. Ketiganya berada di dalam satu kawasan di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Untuk jarak tempuhnya kurang lebih sekitar 2 jam dari pusat Kota Malang. 

4. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung.(Foto: Istimewa).


Pantai Batu Bengkung juga menjadi salah satu pantai favorit kunjungan wisatawan saat ke Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki panorama yang sangat memanjakan mata. Bahkan, pantai ini kabarnya juga menjadi salah satu daerah cagar alam yang dilindungi. Pantai ini berlokasi di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. 

Baca Juga : Naudzubillah! Jauhi Penyakit Ini atau Tak Bisa Masuk Surga

Kerasnya ombak yang menghantam batu karang di sekitar pantai ini juga menjadi ciri khas tersendiri. Sejumlah tebing yang ada sekitar juga dapat dieksplore, bagi wisatawan yang gemar berpetualang. Di pantai ini juga ada kolam alami yang terbentuk dari sisa ombang yang beradu di pinggir pantai. 

5. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep.(Foto: Istimewa).


Pantai Ngliyep adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Hindia tepatnya di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur sekitar 62 km arah selatan dari Kota Malang.

Salah satu pantai di bagian selatan Kabupaten Malang ini menawarkan pesona eksotis dengan hamparan pasir putih dan desiran ombak yang tenang. Area pantai ini juga cukup luas dan dikelilingi oleh tebing karang yang curam.

Pantai ini juga dikenal sebagai salah satu wisata religi bagi sebagian kalangan, sebab menyimpan banyak misteri di sekitarnya.  Seperti misteri Gunung Kombang, Bukit Cinta, hingga mitos yang berkaitan dengan Nyi Roro Kidul. Selain itu, di pantai ini selalu diadakan acara labuhan setiap tanggal 12 bulan Maulud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Wisata Pantai wisata pantai kabupaten malang

Berita Lainnya