Sumber Maron, Alternatif Wisata Alam yang Layak Dikunjungi di Kabupaten Malang | Lamongan TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Sumber Maron, Alternatif Wisata Alam yang Layak Dikunjungi di Kabupaten Malang

May 01, 2022 09:00
Salah satu spot andalan di Wisata Alam Sumber Maron.(Foto: Istimewa).
Salah satu spot andalan di Wisata Alam Sumber Maron.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Kabupaten Malang adalah daerah dengan wilayah terluas kedua setelah Kabupaten Banyuwangi. Dengan kondisi geografisnya, Kabupaten Malang juga banyak memiliki potensi. Termasuk potensi wisata.

Selain wisata pantainya yang sudah lebih dulu terkenal, kini ada beberapa tempat wisata yang juga sudah mulai menjadi favorit. Salah satunya adalah Sumber Maron

Baca Juga : 5 Negara Ini Cinta Mati dengan Kerupuk Indonesia, Ada Yang Rela Barter dengan Pesawat Tempur

Tempat wisata alam yang berlokasi di Dusun Adiluwih, Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran ini menawarkan sensasi yang berbeda untuk liburan. 

Di mana pengunjung memang bisa menikmati segarnya sumber mata air yang menjadi andalan di wisata alam Sumber Maron. 

Wisata Alam Sumber Maron memiliki luas area sebesar 29.610 m2 namun yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata hanya sebesar 13.000 m2. Ada beberapa titik yang bisa digunakan pengunjung untuk bermain air dengan nuansa alam di Sumber Maron. 

Di awal pintu masuk, ada sebuah area yang dibendung, dan biasanya digunakan anak-anak untuk bermain air. Karena kondisinya yang tidak terlalu dalam. Hanya setinggi perut orang dewasa. 

Sedikit masuk ke dalam, ada aliran sungai yang masih dalam satu aliran, biasanya juga dimanfaatkan untuk bermain. Dengan arusnya yang tidak terlalu deras, biasanya anak-anak yang bermain juga menggunakan ban yang disewakan di sekitar wisata ini. 

Berjalan turun ke bawah ada semacam air terjun yang cukup tinggi dan tidak terlalu curam. Dengan banyak bebatuan dan area air terjun yang cukup lebar, area ini biasanya banyak dipadati pengunjung dewasa. Sebab arusnya yang cukup deras, sehingga cukup berbahaya jika untuk anak-anak. 

Salah satu wahana yang cukup favorit di tempat wisata ini adalah tubing. Dimana pengunjung bisa menggunakan ban dan melaju mengikuti arus sungai bak arung jeram. Lokasinya tidak jauh dari area air terjun. 

Baca Juga : Macam-Macam Sikap Sabar serta Keutamaannya dalam Islam

Untuk tubing di Sumber Maron, wisatawan bisa melaju dengan jarak kurang lebih sejauh 200 meter. Bagi anak-anak yang ingin tubing, tentu harus didampingi dengan orang tua. 

Sementara itu, tiket masuk ke wisata ini cukup terjangkau. Yakni hanya Rp 5.000 per orang. Dan untuk bisa menggunakan ban, pengunjung bisa menyewa dengan tarif Rp 5.000 per ban yang ditawarkan di sekitar lokasi. 

Sementara itu, Bupati Malang HM. Sanusi mengimbau agar masyarakat bisa tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) selama memanfaatkan momen libur lebaran nanti, termasuk saat berwisata. 

"Menghadapi arus wisatawan, saya minta memang tempat wisata itu untuk aktif menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Jadi kalaupun nanti di Malang sudah nol kasus baru dan tidak ada lagi penularan, harus tetap kita jaga, jangan sampai ada penularan dari luar Malang," ujar Sanusi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Sumber Maron wisata kabupaten malang

Berita Lainnya