Awas Ponselmu Bisa Jadi Sarang Kuman, Begini Tips untuk Membersihkannya | Lamongan TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Awas Ponselmu Bisa Jadi Sarang Kuman, Begini Tips untuk Membersihkannya

May 02, 2022 07:47
Ilustrasi membersihkan ponsel dari kotoran (pixabay)
Ilustrasi membersihkan ponsel dari kotoran (pixabay)

JATIMTIMES - Ponsel, merupakan sebuah benda yang setiap harinya selalu dekat dengan seseorang. Tak jarang seseorang juga meletakkan ponselnya di sembarang tempat. Hal itu kemudian menjadi sarana bagi virus untuk berpindah tempat dan menyebar. 

Dari situ, para ahli pun menyarankan agar ponsel dilakukan pembersihan secara menyeluruh, atau setidaknya sebanyak dua kali dalam seminggu. Hal ini tentunya untuk menjaga diri dan juga perangkat elektronik dalam kondisi terbaik dan sesuai fungsinya.

Baca Juga : Akun Instagram Kena Retas? Coba Saja Tips Ini

Diolah dari Good Housekeeping, terdapat beberapa langkah dalam membersihkan ponsel. Langkah pertama matikan ponsel dan lepaskan sarung ponsel. Poles body ponsel dengan mikrofiber pada semua bagian untuk menghilangkan noda dan kotoran.

"Hal ini secara fisik menghilangkan kuman karena gesekan antara jari dan permukaan kaca," tutur Carolyn Forte, direktur Good Housekeeping Institute's Home Appliances & Cleaning Products Lab.

Setelah selesai, langkah selanjutnya adalah menggunakan lap disinfektan Lysol. Produk disinfektan ini merupakan produk yang aman digunakan pada perangkat elektronik.  Produk tersebut secara efektif akan menetralisir kuman yang tersisa. Sehingga, ponsel benar-benar bersih.

Kemudian, keringkan ponsel atau angin-anginkan ponsel minimal lima menit. Setelah itu, gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan kembali.

Baca Juga : 4 Tips Sederhana agar Bisa Kembali Menabung setelah Lebaran

Langkah terakhir, hendaknya tidak lupa untuk membersihkan sarung ponsel. Lakukan langkah yang sama ketika membersihkan ponsel. So, ponsel kamu jadi bersih dari virus dan lebih aman untuk dipakai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
membersihkan ponsel merawat ponsel

Berita Lainnya