Wow, Instagram Akan Uji Coba Fitur NFT Minggu Ini | Lamongan TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Wow, Instagram Akan Uji Coba Fitur NFT Minggu Ini

May 11, 2022 09:50
Intagram uji coba NFT (Foto: TechCrunch)
Intagram uji coba NFT (Foto: TechCrunch)

JATIMTIMES - Media sosial Instagram rupanya ingin benar-benar memanjakan penggunanya. Kali ini, Instagram disebut akan melakukan uji coba fitur aset digital dalam bentuk non-fungible token (NFT) mulai minggu ini.

Menurut rencana, uji coba fitur NFT ini hanya dilakukan pada pengguna terpilih di Amerika Serikat (AS). "Mulai minggu ini, beberapa kreator dan kolektor terpilih dapat membagikan koleksi digital mereka di Instagram," ujar Instagram lewat siaran resmi, dikutip Rabu (11/5/2022).

Baca Juga : Viral "Kim Jong-un" Sumbang Lagu Dangdut di Hajatan, Warganet: Ati-ati Bingkisannya Rudal 

Instagram menjelaskan, kreator dapat memamerkan NFT dalam bentuk gambar, video, atau musik lewat aplikasi tersebut. Kemudian penggemar bisa langsung membelinya.

Kreator juga bisa menperdagangkan NFT yang telah dibuat dengan menghubungkan dompet digital dengan Instagram. Setelah terhubung, kreator dan kolektor dapat memilih NFT dari dompet digital dan membagikannya di Instagram.

Setelah kreator atau kolektor memposting koleksi digitalnya, item tersebut akan menampilkan efek berkilau dengan informasi publik seperti deskripsi hak cipta kepemilikan NFT.

Lebih lanjut, Instagram juga mengatakan kreator dan kolektor bisa secara otomatis dikaitkan di postingan koleksi digital, tergantung pada pengaturan privasi mereka.

Fitur NFT ini nantinya akan disematkan di aplikasi dengan mengumpulkan dan mengatur data publik dari blockchain terbuka, seperti Ethereum. "Dari data blockchain publik ini, kami hanya dapat mengidentifikasi koleksi mana yang menjadi milik kolektor dan kreator ketika mereka menghubungkan dompet pihak ketiga mereka ke Instagram," ujar Instagram. 

Baca Juga : Waspada, Berikut Cara Cek Rekening Penipu atau Bukan Serta Bagaimana Melaporkannya

Blockchain nantinya akan didukung Ethereum dan Polygon. Dompet pihak ketiga yang kompatibel untuk digunakan yaitu Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet.

Beberapa blockchain segera hadir sebagai pihak ketiga antara lain Flow dan Solana. Lalu dompet digital lain juga turut digandeng, seperti Coinbase, Dapper, dan Phantom.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Fitur Baru Instagram Instagram

Berita Lainnya