Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Bolehkah Kurban Menggunakan Kambing Betina? Buya Yahya Menjawab

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

06 - Jun - 2023, 12:03

Buya Yahya Al-Bahjah. (Foto dari Al Bahjah TV)
Buya Yahya Al-Bahjah. (Foto dari Al Bahjah TV)

JATIMTIMES - Menjelang Hari Raya Idul Adha, masyarakat kini mulai mempersiapkan hewan yang akan dijadikan sebagai kurban. Hewan yang kerap dijadikan kurban biasanya adalah sapi dan juga kambing. 

Akan tetapi, bagaimana jika ada kasus masyarakat yang berkurban dengan kambing betina?

Baca Juga : Lebaran Haji 2023 Jatuh Tanggal Berapa? Yuk Simak Penjelasannya Berikut Ini

Beragam pandangan beredar mengenai qurban ini, salah satunya pendapat bahwa qurban harus dilakukan dengan menggunakan hewan jantan. Namun ada yang berpendapat bahwa hewan betina dapat digunakan sebagai hewan kurban.

Buya Yahya dalam ceramahnya yang dibagikan oleh akun Youtube @Al-Bahjah TV yang dikutip pada Selasa (6/6/2023), Buya Yahya menjelaskan mengenai tidak ada larangan mengenai kurban menggunakan kambing betina.

"Tidak ada larangan. Anda boleh kurban dengan kambing betina. Gak tau itu keyakinan mulai kapan munculnya," ujar Buya Yahya. 

Buya lalu menjelaskan, menurut pendapat para ulama, tak ada larangan dalam agama Islam untuk melakukan kurban dengan menggunakan kambing betina. 

“Para ulama nggak ada larangan tentang kambing jantan atau betina, sehingga anda boleh korban dengan kambing betina. Nggak tahu itu keyakinan mulai kapan muncul itu kambing betina boleh dijadikan kurban, cuman memang himbauan disarankan kambing laki-laki,” ungkap Buya Yahya.

Buya kemudian menyimpulkan, hewan yang diperuntukkan untuk kurban tidak dilihat dari jenis kelaminnya, melainkan dari berat badannya. Namun Buya tak menampik jika biasanya memang biasanya kambing jantan memiliki berat dan ukuran yang lebih besar dibanding kambing betina. Jadi menurut para ulama, hukum kurban dengan kambing betina tetap sah.

"Sekarang gini, kambing betina 14kg, kambing jantang 6kg, jauh banget bedanya. Gak ada bu, kesalahpahaman itu. Makanya hal-hal yang kesalahpahaman kami hadirkan, gak papa itu," terang Buya Yahya. 

Buya Yahya menambahkan bahwa banyak sekali kesalahpahaman mengenai hewan kurban yang terjadi di masyarakat.

Baca Juga : Cara Mengolah dan Memasak Daging Sapi Kurban yang Empuk

"Jadi boleh ya menggunakan kambing betina. Tapi nanti ada kesempurnaan, misalnya bertanduk, gigi jatuh," tutur Buya Yahya. 

Salah satu contohnya, soal cara menentukan kualitas hewan kurban, seperti ukuran tanduk yang besar dan gigi yang sudah tanggal. Secara fisik, tanduk besar dan gigi yang tanggal menunjukkan usia kambing yang sudah dewasa. 

Kambing dewasa umumnya lebih berat dibanding kambing yang masih kecil. Namun sejatinya, dalam memilih hewan kurban disarankan untuk lebih mengutamakan pada kualitas daging yang akan disajikan sebagai kurban.

"Cuman kalo ibu punya kambing gede, kambing jantan gede, ya jangan betina yang dikorbankan dong," terang Buya Yahya. 

Buya Yahya menekankan sekali lagi, bahwa hukum kurban dengan menggunakan kambing betina tidak dilarang dalam agama Islam. 

Namun yang terpenting dalam kurban adalah niat yang ikhlas, ketaqwaan, serta berbagi rezeki dengan sesama kaum muslimin. 


Topik

Agama kurban kambing betina buya yahya cara pilih hewan kurban hari raya idul adha idul adha 2023


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Lamongan Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri