Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Habib Rizieq Shihab Ungkap Hukum Jilbab dan Cadar bagi Muslimah

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

09 - Jun - 2023, 08:11

Habib Rizieq Shihab. (Foto dari internet)
Habib Rizieq Shihab. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Jilbab di dalam Islam hukumnya wajib bagi setiap wanita muslimah. Di Indonesia khususnya, tak jarang  kaum muslimah mengenakan cadar untuk melengkapi jilbabnya.

Biasanya, wanita yang mengenakan cadar akan menutupi seluruh badannya, mulai dari kepala hingga kaki, dengan gamis dan hanya terlihat mata dan telapak tangannya. Sementara wanita muslimah yang mengenakan jilbab masih terlihat muka dan tangannya.

Baca Juga : 8 Juni Adalah Hari Wafatnya Nabi Muhammad, Simak Kisahnya 

Lantas, apakah cadar dan jilbab memiliki kedudukan hukum yang sama bagi kaum muslimah, yakni wajib? 

Habib Rizieq Shihab dalam dakwahnya yang diunggah dalam akun YouTube @nashul menjelaskan bahwa seorang wanita muslimah hukumnya wajib memakai jilbab. Sedangkan cadar hukumnya sunah.

"Pakek cadar hukumnya sunah. Yang pakek cadar bagus dan yang tidak pakai tak berdosa," jelas Habib Rizieq Shihab, dikutip Kamis (9/6/2023).

Meski demikian, Habib Rizieq menambahkan memakai cadar ada pengeculian bagi wanita muslimah. Pengecualian yang dimaksud ialah seperti seorang muslimah yang dinilai wajahnya cantik dan bisa mengundang syahwat ketika dilihat, maka hukumnya wajib memakai cadar.

Lebih lanjut Habib Rizieq Shihab mengatakan bahwa hukum muslimah memakai cadar adalah sunah. Tapi wajib bagi wanita yang cantik dan bisa menggoda laki-laki. "Para ulama sepakat bahwa wanita cantik dan menggoda atau bisa menimbulkan fitnah, maka wanita tersebut wajib memakai cadar," katanya.

Baca Juga : Hariz Azhar Trending Twitter Usai Kericuhan di Ruang Sidang Tersebar di Publik

Habib Rizieq menegaskan di luar pengecualian di atas, hukum memakai cadar bagi kaum muslimah adalah sunah. "Jadi, cadar itu sunah. Dipakek dapat pahala dan tidak dipakai juga gak apa-apa," jelas dia. 

Terkait jilbab, Habib Rizieq mengatakan ada yang beranggapan bahwa hukum memakai jilbab tak ada dalil dan ayat Al-Quran yang menegaskan wajib memakainya. Namun, Habib Rizieq mengatakan jilbab hukumnya wajib bagi seorang muslimah. Kalau seorang muslimah tak memakai jilbab, maka hukumnya berdosa. 

"Jilbab hukumnya wajib. Karena itu sudah ada perintah Allah di dalam Al-Quran," ucapnya.


Topik

Agama Habib Rizieq Shihab cadar jilbab wanita muslimah hukum Islam


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Lamongan Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy