Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Banyuwangi Jaman Bengen Hadirkan Koleksi Benda Kuno dan Antik, Dimeriahkan Berbagai Pertunjukan Budaya

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Yunan Helmy

10 - Jun - 2023, 07:15

Salah satu contoh benda kuno dan antik yang dipamerkan dalam Gelaran Banyuwangi Jaman Bengen di halaman Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi. (Dsbudpar Banyuwangi for Jatim TIMES)
Salah satu contoh benda kuno dan antik yang dipamerkan dalam Gelaran Banyuwangi Jaman Bengen di halaman Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi. (Dsbudpar Banyuwangi for Jatim TIMES)

 JATIMTIMES - Banyuwangi akan menggelar pameran benda-benda kuno dan antik di halaman Mantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). Kegiatan ini bertajuk “Banyuwangi Jaman Bengen” dan bakal berlangsung sepekan, mulai 11-17 Juni 2023.

Pengunjung akan mendapatkan sajian dan bisa menikmati keindahan berbagai benda kuno dan bersejarah yang dipajang di halaman depan Kantor Disbudpar Banyuwangi. Barang antik tersebut mulai dari yang berbahan batu, tanah liat, keramik, kayu, hingga batu akik dan keris.

Baca Juga : 8 Tanggal Lahir yang Paling Keramat Menurut Eyang Semar dalam Urusan Bisnis dan Karir

“Banyuwangi Jaman Bengen” nantinya akan diisi berbagai rangkaian acara seni budaya yang akan memeriahkan pameran setiap hari.

Menurut Pelaksana Harian (Plh) Kepala Disbupar Banyuwangi Choliqul Ridha, dalam catatan perjalanan sejarah,  Banyuwangi memiliki berbagai cerita masa lalu yang menarik. Kisah-kisah tersebut ada pada benda-benda kuno yang memiliki sejarah.

"Pameran Banyuwangi Jaman Bengen tentu membawa cerita sejarah yang nantinya akan diteruskan untuk anak dan cucu kita. Cerita sejarah tersebut tentu memiliki pesan heroik pada zaman dulu. Dengan adanya kegiatan ini, salah satunya ditujukan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap kebudayaan Banyuwangi kepada generasi millenial," ujar Choliq  Jumat (09/06/2023).

Pameran Banyuwangi Jaman Bengen akan dipenuhi booth barang-barang Banyuwangi tempo dulu seperti barang-barang etnis Mandar, etnis Oesing, etnis Jawa dan etnis Madura serta etnis lain yang tumbuh dan berkembang di kota ujung timur Pulau Jawa ini.

Selain itu, ada aneka macam bebatuan masa lalu yang telah diolah, barang-barang Museum Blambangan, foto-foto Banyuwangi tempo doeloe, serta barang-barang masa lalu di Banyuwangi yang unik dan antik.

Selain itu, Ijen Geopark yang telah resmi menjadi jaringan UNESCO Global Geopark nantinya juga akan turut meramaikan  Banyuwangi Jaman Bengen. Akan ada booth dengan pengenalan dasar tentang Ijen Geopark kepada para pengunjung yang hadir.

Baca Juga : Diskotik Masuk Kampung Dikeluhkan Warga, Ini Kata Polres Malang

Adapun rangkaian kegiatan yang dijadwalkan akan meramaikan Banyuwangi Jaman Bengen antara lain;  Senin (12/06) bioskop keliling kecagarbudayaan, opening ceremony, pertunjukan rengganis. Selanjutnya pada Selasa (13/06):  belajar bersama di museum, lomba teater Osing, Night Accoustic Performe.

Pada Rabu (14/06) panitia akan menggelar seminar hasil kajian koleksi Museum Blambangan. Lalu pada Kamis (15/06) pengunjung bisa menikmati sajian Rindik Music Performe, Night Accoustic Performe. Pada Jumat (16/06) ada Night Accoustic Performe dan Sabtu (17/06) akan digelar closing ceremony.

 


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya Banyuwangi Jaman Bengen Banyuwangi pameran benda kuno dan antik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Lamongan Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Yunan Helmy